-->

Minggu, 26 Februari 2012

Pengalaman Pengembangan Software (David)
Nama: David Kristian Gunawan
NIM: 10110110052

      Pengalaman perangkat lunak yang pernah saya lakukan adalah pembuatan game pada tugas mata kuliah PBO dalam kelompok. Dalam pengembangan game ini saya dan team menggunakan metode waterfall. Game yang saya dan kelompok saya buat adalah game TIC TAC TOE sederhana 3x3 dengan level easy dan hard. Pertama, kami menganalisis kebutuhan game yang akan dibuat serta mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk pembuatan game. Setelah itu, kami mencoba men-design game sesuai dengan kebutuhan yang sudah direncanakan. Pengembangan game ini dilanjutkan dengan menuliskan source code menggunakan bahasa C++ yang mengubah design tadi menjadi perintah yang dimengerti komputer. Kemudian, kami melakukan uji coba pada game yang sudah dibuat untuk mencari kelemahan-kelemahan yang ada di game.


Pengalaman Pengembangan Software (Andika)


NAMA : TIMOTIUS ANDIKA KURNIAWAN
NIM      : 10110110060


               Mata Kuliah Rekayasa Piranti Lunak ini merupakan hal yang baru buat saya. Maka dari itu sebenarnya saya masih belum begitu mengerti tentang apa yang ada di dalamnya. Untuk berbagi pengalaman saja, saya pernah melakukan pengembangan software berupa pembuatan game sederhana yang telah saya beserta kelompok saya buat pada Mata Kuliah PBO semester 3 lalu. Game yang saya rancang pada saat itu adalah game TIC TAC TOE yang sudah tidah asing lagi bagi kita sebagai mahasiswa IT. Pada saat kami membuat game tersebut, kami pertama-tama membagi terlebih dahulu tugas kami satu-persatu yang meliputi desainnya yang sebenarnya tidak menggunakan SDL tetapi tetap kami buat semaksimal mungkin, menu pada game juga menjadi salah satu sesuatu yang sangat penting, karena kelompok saya menggunakan AI maka diperlukan ahli AI juga di sana, dan yang tidak kalah pentingnya juga program itu sendiri yang menggunakan method-method yang di sempurnakan sehingga memperkecil terjadinya kesalahan atau eror pada program tersebut. Semuanya itu saya buat di dalam C++ dan telah di uji coba yang menurut saya hasilnya sangat memuaskan. Sekian pengalaman dari saya, terima kasih telah membaca dan menghayatinya.

Pengalaman Pengembangan Software (Andrie)

Salah satu pengalaman saya dalam pengembangan perangkat lunak (software) adalah pada pengerjaan tugas pembuatan sebuah game sederhana saat semester tiga lalu pada mata kuliah pemrograman berorientasi objek. Dengan beranggotakan lima orang, kami mulai mendiskusikan ide - ide dari masing - masing anggota. Setelah menyaring beberapa ide, kami memutuskan untuk membuat game pesawat tempur. Tujuan game ini adalah untuk mendapatkan high score dengan cara menghancurkan musuh - musuh yang datang dari arah berlawanan. Setelah itu, kami mulai mencari hal - hal yang dibutuhkan dalam pembuatan game ini. Setelah cukup, kami melanjutkannya dengan menuliskan source code menggunakan bahasa pemrograman C++ dengan library tambahan SDL. Pembuatan game ini dilakukan secara bertahap agar mengurangi resiko banyaknya terjadinya error. Setelah selesai, kami melakukan pengujian dengan cara menjalankan programnya untuk mencari error atau bug yang ada pada game tersebut yang kemudian akan kami perbaiki.

Pengalaman Pengembangan Software (Hensen)

Nama : Hensen
NIM : 10110110041

Pengalaman pengembangan software yang pernah saya lakukan adalah pembuatan game pada tugas mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek dalam kelompok. Dalam pengembangan game ini saya dan teman-teman menggunakan metode waterfall. Game yang kami buat adalah game pesawat yang bertujuan untuk mendapatkan highscore. Pertama kali yang kami lakukan adalah menentukan ide untuk game yang kami buat. Kemudian, kami menganalisis kebutuhan game yang akan dibuat. Setelah itu, kami membuat design game sesuai dengan keinginan. Selanjutnya, kami menuliskan source code menggunakan bahasa C++ sesuai dengan konsep dan design yang telah kami buat.  Setelah program hampir mendekati yang kami inginkan, kami melakukan uji coba pada game yang sudah dibuat untuk mencari apakah ada kesalahan pada game tersebut.

Pengalaman Pengembangan Software (Matheus)

Nama : Matheus Antonius
NIM : 10110110033

Pengalaman pengembangan software yang pernah saya lakukan adalah pembuatan game pada tugas mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek. Pembuatan game itu dikerjakan dalam kelompok. Metode yang digunakan kelompok saya adalah metode waterfall. Kelompok saya membuat game pesawat tempur yang menghabisi lawan-lawannya. Game yang kami buat jauh dari kata sempurna, dan konstribusi saya dalam kelompok pun rasanya jauh dari kata cukup. Tetapi kami mengerjakannya dengan sukacita. Pertama-tama, kami mencari konsep game yang akan dibuat. Kemudian kami menganalisis apa saja yang dibutuhkan game itu. Selanjutnya kami mulai melakukan penulisan source code menggunakan bahasa C++. Selesai menuliskan source kode, kami melakukan pengecekan apakah ada kekurangan dan kesalahan dalam game yang kami buat.

Pengalaman Pengembangan Software (Lukas)

Nama: Lukas Wijaya Kusuma
NIM: 10110110032

      Pengalaman perangkat lunak yang pernah saya lakukan adalah pembuatan game pada tugas mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek dalam kelompok. Dalam pengembangan game ini saya dan team menggunakan metode waterfall. Pertama, kami menganalisis kebutuhan game yang akan dibuat serta mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk pembuatan game. Setelah itu, kami mencoba men-design game sesuai dengan kebutuhan yang sudah direncanakan. Pengembangan game ini dilanjutkan dengan menuliskan source code menggunakan bahasa C++ yang mengubah design tadi menjadi perintah yang dimengerti komputer. Kemudian, kami melakukan uji coba pada game yang sudah dibuat untuk mencari kelemahan-kelemahan yang ada di game.

Yansen


Nama   = Yansen
NIM      = 10110110037
Kelas    = TI-B
Salah satu pengalaman pengembangan perangkat lunak yang pernah saya lakukan adalah membuat game dalam skala kecil. Saya serta 3 teman yang lainnya menamakan game tersebut Ball Breaker. Game ini  bertujuan untuk menghabiskan bola yang ada dengan cara membuat kotak lain dalam kotak utama yang memakan bola yang ada. Lalu saya dan salah satu teman saya memiliki tugas dalam membuat animasi yang diperlukan dalam game tersebut. Contoh animasi tersebut antara lain seperti animasi pada saat loading, animasi dalam menu credit, serta animasi pada saat player menang atau kalah dalam game tersebut.
Seperti pada metode pengembangan perangkat lunak umumnya, metode yang kami lakukan termasuk metode waterfall. Petama kali kami menentukan konsep game yang ingin kami buat, lalu kami memulai koding untuk membuat game tersebut dan hal ini termasuk tahapan implementasi dalam metode waterfall. Kemudian, sesudah pembuatan berjalan 60% - 70% kami melakukan Integration and Testing dimana kami melakukan pengecekan jika terdapat kesalahan, ataupun bug yang terjadi. Meskipun tahapan-tahapan yang kami lakukan tidak semuanya mencakup tahapan metode waterfall, tetapi tahapan yang kami lakukan cenderung termasuk dalam metode waterfall.

Credit: